Thursday, October 24, 2013

.pregnant up until birth. reviews {Malang}

Hamil pertama sungguh excited sekaallliii...
Semua-semua ditulis, semua-semua dipotoin, dll...
dan ga kalah hectic-nya kayak wedding kemarin, saya mau review sedikit dan sekenanya heuheuheu

1. Dokter Kandungan
Awal pertama kali saya cek hamil di RS Mutiara Bunda Malang, dengan dokter siapa ya ? eike lupa heuheuehu. Ceritanya pas ngabarin suami saya kalau lagi hamil bisa di cek disini agak mengharu biyyuuu ! Karena  saya masih bekerja di Surabaya, akhirnya pindah-pindah dokter deh. Untung aja teman Prajab saya yang seorang dokter merekomendasikan untuk kontrol ke RSIA Kendalsari, dimana dokternya Pro-ASI. Awal April ketika saya pindah di Malang dan setelah pindah ke beberapa dokter, ternyata saya cucok banged ma dokter Novina yang praktek di Puri Bunda. Dokter cantik nan baik ini + masih mamah muda pula, praktek Pagi dan Malem. Kalau anda mau kontrol, bisa lelepon dulu mulai jam 7 pagi ke 0341-477511. Suami saya emang ga terlalu cucok ma obgyn cowok dan setiap kontrol selalu saya tanyain cocok ga ma dokternya dan Alhamdulillah ternyata cocok karena dokternya enak diajak komunikasi apalagi bagi kami yang baru pertama kali punya anak + kelahiran yang udah ngelebihin HPL.

2. Buku
Saya ga pernah ikut senam haammiilll hihihihihi dan pada dicerewetin ma semua orang. Bukannya ga ada waktu, aye males keluar. Manja gitu kalo suami kagak ikutan senam aiisshh !! Untungnya calon ipar saya yang kerja di perusahaan susu bumil ngasih video hamil terus dari hasil berkumpul dengan bidan-bidan, saya dapat banyak masukan buku-buku bagus. Yaa saya sih pengennya ngikut kelas hypnobirthing gituh, sayang disayang jadwalnya pas hari kerja. Jadi ga bisa.. Padahal BuBid-nya ga pernah capek ngingetin huks ! Yo weslah, daripada galau, saya pun beli buku untuk nambah-nambah ilmu selama hamil dan pas lahiran nanti. Dari hasil tanya sana-sini dan baca refrensi, hasilnya dapet buku-buku ini :



Buku ini salah satu rerensi dari BuBid kenalan saya dan ternyata yang nerbitin emang salah satu Bidan yahud di Indonesia dan pendiri www[.]bidankita[.]com. Selama hamil saya emang selalu minta pendapat dari Dokter dan Bidan, ya untuk nengahin aja sih. Kasarannya kalo bidan itu kan Pro-Normal gitu meskipun ga nyudutin dokter yaaa.... 
Buku ni wajib punya deh, ilmu-ilmu tentang kehamilan mulai 0-9 bulan, cara-cara melahirkan, ilmu pernafasan, dll pokoknya lengkap deh dan layak punya :)) Apalagi buat saya yang ga ikutan senam hamil !



Berhubung niat saya untuk ikut kelas HypnoBirthing ga kesampain, saya pun cari ilmu dari buku ini. Buku ini berdasarkan pengalaman sih yang mungkin hampir dialami semua wanita. Jadi dari buku ini, saya coba belajar bersikap tenang. Kate Middleton aja ngelahirin pake cara ini, masak saya yang seorang putri Pak Qomar ga pake ? HAHAHAHA



Buku imut satu ini saya dapetin waktu ikut kelas EdukASI AIMI Malang. Kecil-kecil gini infonya lengkap dan udah kemana-kemana (baca:dipinjem). Buku-nya berisi rangkuman-rangkuman penting dan yang lebih senangnya lagi sih di bab "checklist". Jadi kita dibantu untuk ngecek keperluan apa aja sebelum dan sesudah si baby lahir. 


Bangga hati ketika suami berinisiatif beli buku ini. Isi-nya kebanyakan emang dari pengalaman para admin dari ayah ASI. Dan karena yang nulis adalah para ayah, suami asya mungkin lebih comfy aja ya mbaca-nya, mengena gitu. Isinya pun lengkap dan membantu sekali kok :)

3. Rumah Sakit
Saya hampir ga sempet shopping rumah sakit sih, cuma browsing-browsing aja baca dari blogger lain. Tapi sebenarnya saya emang udah milih Melati Husada untuk jadi tempat lahirannya Kanya karena mereka nerima ASKES. Selain MH, ada RS Syaiful Anwar, Panti Nirmala, Soepraoen dan Puri Bunda juga nerima ASKES kok. Cuman saya dan mama udah minat ma MH dan dokter saya pun bisa lintas RS kesana. Berhubung saya golongan III, saya dapet di kelas 2 ato Aster. Ada 2 kasur, TV, dan AC. Untuk Normal Partus (NP) kisaran harganya antara 3,7-4jt dan untuk Sectio Caesar (SC) kisaran harganya 9-10jt. Potongan ASKES-nya sih paling lumayan untuk SC, bisa sampe setengah harga tapi kalo untuk NP sekitar 1jt-an aja (harga-nya belum termasuk kalo ngelahiran pake daya upaya lain yaa). Lumayan lho potongannya buat nambah-nambahin aqiqah anak heuheuheu Alhamdulillah !
Ini beberapa persyaratan untuk yang pake ASKES :
- FC Kartu ASKES sebanyak 6 lembar
- FC Kartu Keluarga dan KTP 1 lembar

btw, sebelum melahirkan jangan lupa bilang kalau pake asuransi ya. Biar ga dibebanin biaya umum.
Tarif MH kalau dibandingin RS lain mungkin bisa dapat kamar yang lebih bagus. Tapi emang bukan itu yang dicari sih, saya pilih MH karena emang ga ribet ngurus asuransi-nya dan deket rumah. MH juga Pro-IMD (diingetin ya ke nakes-nya) dan bisa rooming-in buat Ibu yang ngasih ASI. Jadi bumil-bumil saya saranin shopping RS juga yaaa, biar bisa banding-bandingin satu sama lain. Note: suasanya MH itu hommie banget dan makanannya eeennaakkkkk !!




4. Kelas edukASI - AIMI
Teman prajab saya adalah salah satu konselor dari Aimi Jatim, jadi saya banyak dapat informasi dari dia + follow juga twitter Aimi karena emang saya dan suami mau ngasih ASI Eksklusif, jadi harus banyakin ilmunya. Dan akhirnya kita ngikut dua kelas AIMI yaitu pre-natal dan post-natal. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali buat saya dan suami. Saya nyaranin dua-duanya ngikut, jadi bisa saling negingetin kalo lupa. Dan setiap ikut kelas ini, kita dapat pamflet yang isinya tentang cara menyimpan ASI, IMD, dll. Jadi saya tempelin di dinding kamar dan akhirnya tiap hari termotivasi untuk ngasih ASI dan alhamdulillah sampai hari ini saya masih AISX !
Saya masih pengen ikut kelas lainnya yaitu tentang tantangan ASI dan MPASI...

5. Printilan lain-nya
Beberapa barang-barang yang selalu ada di dalam tas ketika hamil sampe lahiran adalah.... :

camillaannn.......

selama hamil, mabok kalau naik kendaraan selain motor ~.~"

sampe umur baby 7 bulan, masih pake motor. Jadi aman banget kalau pake ini...

oia, satu lagi yang selalu kesimpen di tas adalah surat pengantar dokter kalau-kalau kontraksi dan masuk RS !


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...