T&F Anniversary

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Tuesday, October 8, 2013

Baby RnB Syndrome

Salah satu artikel yang rajin saya baca selama hamil kemarin adalah tentang Baby Blues Syndrome. Karena saya pengen tau detail apa sih itu dan saya juga ga berharap suatu saat kena juga..
Dan eng ing enggg.... setelah saya analisa sih, akhirnya saya terserang sindrome unyu tersebut ! hag hag hag *ketawa ga ikhlas*
Sedikit pengertian tentang Baby Blues Syndrome yang saya ambil dari http://adipsi.blogspot.com/2010/06/pengertian-baby-blues-syndrome.html :


Seorang peneliti bernama Savage pada tahun 1875, telah menulis referensi di literatur kedokteran mengenai suatu keadaan disforia pasca persalinan. Sindroma ini disebut milk fever karena reaksi emosi yang muncul bersamaan dengan bekerjanya hormon prolaktin yang merangsang keluarnya air susu ibu. Perkembangan selanjutnya milk fever dikenal dengan istilah post-partum blues atau maternity blues yang dewasa ini lebih dikenal dengan istilah baby blues syndrome. Baby blues syndrome adalah reaksi emosional pada wanita setelah persalinan (www.infoibu.com, 2006). 
Baby blues syndrome merupakan sindroma gangguan afek ringan yang sering nampak pada beberapa saat setelah persalinan sampai beberapa bulan kemudian, yang ditandai dengan gejala depresi seperti cemas, menangis dan takut (Sugi Suhandi, 2007).  
Menurut Tofan (2006), baby blues syndrome adalah kondisi yang biasa terjadi dan mengenai hampir 50% ibu baru, biasa terjadi dalam 14 hari pertama setelah melahirkan dan cenderung lebih buruk sekitar hari ketiga atau keempat persalinan. Mengacu hasil seminar para ahli kandungan se-Indonesia menemukan bahwa di Indonesia 50% - 70% ibu setelah persalinan mengalami baby-blues syndrome (www.Liputan6.com, 2007).

Dimulai dari lahirnya Adinda Lil Princess Kanya ke dunia dengan kenyataan bahwa saya ga jadi SC karena sehari sebelum operasi, Baby K udah lahir dengan NP *mengadahkan tangan keatas !!* Saya kaget bin surpraise sangat sampe ga ngerasain rasa capek sedikit pun. Sampe bela-belain berbagi kasur kecil di RS dengan suami, ga masyalllaahhhh ! Dan akhirnya tersadar di hari terakhir saya harus pulang dari RS, sepertinya inilah awal kehidupan *ceilah lebay* 

Awal-awal Kanya lahir, Mama saya menyewa jasa tukang pijit bayi untuk mandiin sampe cuplak dan saya pake acara dibengkung buat mengembalikan tubuh aduhai bajai saya ini. Berhubung udah berpengalaman, jadi Ibu-nya cepet banget cara kerjanya, tapi suami saya ga cocok dan berbagai alasan lain seperti beda "ilmu" antara mama dan saya. Saya sebelumnya udah pernah ikut seminar tentang prenatal dan postnatal, jadi paling tidak saya tau lah tentang perkembangan ilmu per-bayi-an jaman sekarang, ibu saya tidak zzzZZZZzz dimulailah pertengkaran dan ilmu kebatinan menahan emosi yang ternyata ga baik pula :)

Selain itu, Suami saya yang kerjanya ikut Jepang karena pulang malem terus *cubit perut suwami!!* selalu capek ketika dateng ke rumah. Dan maksud saya untuk gantian njagain Kanya pun tak terkabul, apalagi dengan perubahan jam tidur. Yang biasanya bisa ngiler-ngiler, goler-goler suka-suka, sekarang harus kebangun tengah malem oohhhhh ciloko ! + yang paling bikin emosi adalah bahwa kita kan cukup berilmu tuh ngurus bayi, namun ilmu-nya lupa semua pas si bayek lahirr... lebih ciloko lagi !!
......setiap weekend pun saya emosyong dan nangis sampe mata mbendol !!
Parahnya di minggu kedua, saya sakit dan produksi ASI menurun drastis :'(

Tak tahanlah saya dengan semua ini karena emang agak parah sih, saya liat si Kanya agak emosi, apalagi liat Bapaknya hehehehe Kan mbuatnya bareng tuh, masak pas udah lahir saya aja yang melek ~.~" Kami berdua sempat tengkar sih, saya juga sempet tengkar sama Mama. Alhamdulillah-nya semua pelan-pelan berlalu. Mama saya mulai ngerti, suami juga gitu, support banget ! Mau bangun malem, mijetin, pokoknya beda lah... Allah maha baik !!!

Sekarang Kanya udah 1 bulan, semua berjalan begitu baik meskipun kadang-kadang saya masih agak emosi. Semoga semua akan lebih baik dan pengalaman ini akan jadi pelajaran berharga buat kami semua...


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...