Thursday, July 26, 2012

ini PASPOR saya, kamu ?

Hasssllloooo.....

Oke, let's prepare for  the trip..!!

Tapi yang pertama harus buat Paspor dulu lah :)

Syarat PASPOR :

|Beli MAP nya di Koperasi Imigrasi, sesuai Paspor yang dibutuhkan *harga tiap-tiap imigrasi bisa berbeda, kisaran 8 ribu - 10 ribu*|
  •  Isi Formulir dalam map & ditempel Matrai 6000
  • Lampirkan fotocopy KTP (Ga perlu dipotong, bolak balik dalam 1 halaman depan)
  • Lampirkan Akte kelahiran (kalau ga ada, bisa pakai ijazah yang ada nama ortu)
  • Lampirkan Kartu Keluarga (kalau NIK ga sama dengan KTP, bisa buat surat pernyataan dari Kelurahan)
  • KHUSUS Pegawai Pemerintah harus menyertakan Surat Rekomendasi *cap basah*. Sila di unduh --> Surat Rekomendasi PNS
  • Jangan lupa bawa semua dokumen ASLI (KTP, KK, Akte Kelahiran, Surat Rekomendasi)


 Saran yaaa...  mending fotokopi di Imigrasi aja, karena ukurannya sesuai dengan yang diminta petugasnya. Atau kalau mau fotokopi sendiri, minta ukuran A4.
 
Catatan dari saya :
  1. Kantor Imigrasi (Kanim) buka mulai jam 07.30 WIB, tapi kalau emang sudah siap, datang aja mulai jam 7 pagi biar bisa dapet nomer awal.
  2. Setiap Kanim mempunyai prosedur yang sama, tetapi anda harus tetap melihat "ciri khas" Kanim yang anda datangi. Karena menurut pengalaman saya, antara Kanim Malang & Surabaya bisa berbeda. Contohnya seperti foto & wawancara, kalau di Kanim Malang berbeda ruangan & nomor antrian namun di Surabaya sudah dalam satu ruangan yang sama. Contoh yang lainnya, apabila paspor anda sudah jadi, Kanim Surabaya bisa diambil di jam kerja. Tetapi di Malang hanya bisa dilayani diatas jam 1. Sebenarnya bukan sesuatu yang penting, tapi paling tidak anda harus tau biar ga kecele :))
  3. Siapkan camilan atau apapun biar anda fresh, karena petugasnya tegas-tegas semua & kerjanya cepet *salut saya*. Jadi tegas bukan berarti judes lho yyaaa....
  4. Total ada 3 tahap dalam pembuatan paspor ini. (1) Memasukkan berkas-berkas dalam map & setelah dicek, anda akan mendapat jadwal & nomor untuk tahapan selanjutnya. (2) Foto & Wawancara juga BAYAR (255 ribu). Dandan yang rapi *berkerah*, jawab pertanyaan dengan PD (3) Pengambilan paspor.... syalalalalala~~ sudah selesaaaaiiiiiii :* (total semua tahap ini membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari). 
  5. Paspor bisa dibuat DIMANA SAJA di Seluruh Indonesia. Tidak harus dari domisili asal-nya. Saya orang Malang tetapi mengurus di Surabaya, dengan alasan saya ga memungkinkan untuk terus-terus ijin di dalam 3 tahap itu.
  6. Imigrasi juga sudah ada yang online lho... tahap-nya sama saja, cuma anda bisa mengeceknya dari komputer kapan anda bisa ke tahap selanjutnya. Jadi ga perlu antri *loket-nya berbeda*. Tahapan-nya bisa di cek di situs Ditjen Imigrasi --> Tahapan Paspor Online
  7. Done !!




LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...